Advertisement

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPS



PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

( PTK )


Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS dengan Metode Pembelajaran Discovery

Pada Peserta didik  Kelas IX di MTS Sirnarasa Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis

Tahun Pelajaran 2012/2013




A.    Latar Belakang Masalah

Sistem pendidikan di Indonesia ternyata telah mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan itu terjadi karena telah dilakukan berbagai usaha pembaharuan dalam pendidikan. Akibat pengaruh itu pendidikan semakin mengalami kemajuan.

Sejalan dengan kemajuan tersebut, maka dewasa ini pendidikan di sekolah-sekolah telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Perl~emangan itu terjadi karena terdorong adanya pembaharuan tersebut, sehingga di dalam pengajaranpun guru selalu ingin menemukan metode dan peralatan baru yang dapat memberikan semangat belajar bagi semua peserta didik . Bahkan secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pembaharuan dalam sistem pendidi kan yang mencakup seluruh komponen yang ada. Pembangunan d bidang pendidikan barulah ada artinya apabila dalam pendidikan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bangsa Indonesia yang sedang membangun. 
Pada hakekatnya kegiatan beiajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik  dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar menganjar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.
Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat peserta didik  merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Untuk PTK Lengkapnya Silahkan Download : DI SINI
Jika memerlukan dalam format Ms. Office Word (.doc) silahkan hubungi :
087 725 942 188 (Ahmad) 
 

Posting Komentar

0 Komentar

SITUS JUAL BELI DAN INFO PELUANG USAHA